Orasi Pemilihan Ketua OSIS SMAN 11 Surabaya

Prosesi pemilihan Ketua OSIS dan MPK SMAN 11 Surabaya 2022-2023 berlangsung pada Kamis, 24 November 2022 dari jam pertama pukul 06.30 sampai dengan malam usai maghirb sekira pukul 18.30 wib. Tahapan proses pemilihan Ketua OSIS dan MPK SMAN 11 Surabaya dimulai dengan kampanye oleh calon ketua OSIS dan MPK yang diikuti oleh siswa per jenjang di Aula SMAN 11 Surabaya dan diakhiri dengan penghitungan suara di Ruang Kelas 12 IPA-3.

Persiapan
Sebagaimana sebelumnya disampaikan di postingan Pemilihan Ketua OSIS dan MPK SMA Negeri 11 Surabaya 2022-2023: Fairplay yang Keren, tahap persiapan adalah pengereucutan calon kontestan yang mengalami diskusi alot dan panjang. Dua hari dilalui untuk proses penentuan nama-nama kandidat. Selain kandidat, tim acara menyiapkan semua perlengkapan dan keperluan teknis acara. Salah satunya materi kampanye masing-masing calon.
Calon Ketua OSIS nomor 2 sedang orasi menyampaikan program kerjanya 

Kampanye/Pemaparan Program Unggulan (Visi Misi)


Sesuai edaran broadcast WA dari Pak Candra selaku Wakasek Kesiswaan, seluruh siswa diharapkan ikut semua aktif dalam pemilihan Ketua OSIS SMA Negeri 11 Surabaya.


Kelas 10 mendapatkan giliran awal pada jam ke-1 dan 2 untuk berkumpul di Aula SMAN 11 Surabaya. Masing-masing Calon Ketua OSIS dan MPK menyampaikan program kerjanya yang merupakan program unggulan mereka. Lalu ada sesi tanya jawab dari peserta yang menguji program mereka. 
Setelah kelas 10 selesai, dilanjutkan dengan siswa kelas 11 pada jam ke-3 dan 4. Jeda istirahat 15-30 menit lalu dilanjutkan dengan sesi kelas 12 pada jam ke-5 dan ke-6. Proses kampanye ini terus dikawal oleh Wakasek Kesiswaan beserta Staf secara bergantian. Tim panitia siswa tampak Sonya, Nanda, Lisa, Lintang, Karisma, Ramzi, dan Zaki.


Pembuatan Kertas dan Bilik Suara 


Bersamaan dengan kampanye calon OSIS, tim lain dari OSIS dan guru bahu membahu mencetak kertas suara sejumlah warga sekolah. Bertempat di ruang BK, Abidah mencetak kertas suara menggunakan komputer Bu Esti dan printer BK. Dibantu oleh Agata, Aulia, sesekali Aisy yang mondar-mandir Aula dan BK. Damar, Zaki, dan Ramzi dibantu oleh beberapa yunior menyiapkan bilik pencoblosan suara dan kotak suara.

Pemungutan Suara




Sistem pemungutan suara menggunakan sistem jemput bola. Petugas panitia terbagi ke dalam delapan kelompok yang masing-masing membawa kertas suara, bilik pencoblosan, dan kotak suara. Mereka berkeliling ke kelas-kelas. Bagi siswa yang memiliki hak suara tapi tidak atau berhalangan karena ada keperluan maka bisa mengikuti pemilihan Ketua OSIS di tempat yang disediakan. 


Cukup dengan membuktikan bahwa tangan mereka belum tercelup tinta dan di daftar hadir belum ditandatangani. Tak lupa juga guru dan karyawan ikut serta dalam kegiatan ini.
Proses pemungutan suara ini berlangsung dari jam ke-7 sampai dengan jam ke-9. Semua kotak suara disiapkan di dekat gazebo pembina upacara. 

Penghitungan Suara
Penghitungan suara hasil pencoblosan kertas suara dilaksanakan sekitar pukul 14.30. Papan tulis yang sudah ditempeli kertas perhitungan siap menampung goresan spidol penanda suara yang masuk dihitung.
Proses penghitungan suara ini berlangsung cukup mendebarkan dan menegangkan. Bagaimana tidak, calon pasangan 1 dan 2 saling berkejaran perolehan suara. Kejar-kejaran perolehan suara ini sempat terhenti sebentar karena hujan deras mengguyur. Tempat penghitungan suara dipindahkan ke dalam kelas 12 IPA-3. Sampai hampir akhir, kejar-mengejar perolehan suara terus berlangsung.

Posting Komentar

 
Top