Ke mana setelah lulus SMA....???!!!
Sabtu, 16 Nopember 2013 bertempat di Aula SMAN 11 Surabaya, diselenggarakan pertemuan antara pihak sekolah dan orang tua/wali murid SMAN 11 Surabaya khususnya siswa kelas 12 yang akan menghadapi Ujian Nasional dan SNMPTN 2014.

Persiapan yang dilakukan sejak awal Nopember 2013 dengan mengundang orang tua/wali murid pada momentum pembagian laporan hasil belajar tengah semester ini merupakan upaya sekolah dalam mempersiapkan "SUKSES SNMPTN 2014". Mengajak bicara orang tua/wali murid kelas 12 SMAN 11 Surabaya tentang masa depan putra-putrinya selepas masa SMA menjadi salah satu peran sekolah mengupayakan kesuksesan anak didiknya untuk menuju ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Sebagai salah satu institusi pendidikan berlabel negeri, menjadi sebuah kewajaran jika indikator kesuksesan SMAN 11 Surabaya diukur dari seberapa banyak/besar anak didiknya diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Di sinilah tugas sekolah mengkomunikasikannya kepada orang tua bahwasanya tolok ukur keberhasilan SMAN 11 Surabaya salah satunya adalah seberapa besar peran sekolah meloloskan siswanya menembus PTN.

Jika di masa sebelumnya peran sekolah sangat minimal dalam menentukan masa depan anak didiknya diterima PTN, maka setidaknya sejak 3 sampai 5 tahun ke belakang, peran sekolah dioptimalkan/dilibatkan dalam proses penyaringan masuk PTN. Peran sekolah yang dimaksud adalah pemberian nilai atas proses belajar siswa selama 6 semester dalam bentuk rapor yang mana dari nilai rapor itulah PTN melibatkan sekolah dalam proses seleksi masuk PTN. Jika sebelumnya, pelibatan sekolah hanya pada PBUD yang tentunya hanya mereka yang berprestasi saja yang memiliki tiket seleksi masuk PTN, maka beberapa tahun ini tak hanya mereka yang berprestasi akan tetapi seluruh siswa bisa turut serta.

Sekolah tentunya tidak tinggal diam ketika diberi kewenangan untuk turut serta menentukan masa depan anak didiknya secara langsung melalui SNMPTN. Upaya yang dilakukan sekolah di antaranya adalah pelibatan orang tuta, untuk memudahkan dan mensukseskan SNMPTN 2014, orang tua/wali murid dihimbau oleh sekolah untuk terus memotivasi putra-putrinya.

Sementara itu, upaya lanjutannya dengan menyelenggarakan pameran pendidikan pada biulan Januari 2014 yang melibatkan alumni SMAN 11 Surabaya yang telah sukses menembus PTN utamanya melalui jalur SNMPTN. Pameran pendidikan ini diharapkan mampu membuka wawasan terkait informasi perkuliahan di perguruan tinggi negeri.

Tak hanya sampai di situ, sekolah melalui timnya yang terdiri atas tim input data, guru BK, dan wali kelas, mendampingi siswa-siswi dalam proses memilih jurusan di perguruan tinggi sesuai dengan standar nilai yang dimiliki dengan melihat peluang yang paling memungkinkan bagi siswa.

Semoga jika di tahun 2012, siswa yang diterima PTN melalui jalur SNMPTN berjumlah 18 orang (17% dari total siswa pendaftar) dan tahun 2013 sebanyak 72 orang (25% dari total siswa pendaftar), maka harapannya tahun 2014 ini bisa meningkat di kisaran 90-120 siswa (30% - 40%).

Sukses untuk siswa-siswi SMAN 11 Surabaya.

Poskan Komentar

 
Top