Menghadi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2014 ini terkuak fakta mengkhawatirkan, ratusan siswa SMAN 11 Surabaya memiliki masalah dengan Nomor Induk Sekolah Nasional (NISN)-nya.
Dari pantauan tim panitia SNMPTN SMAN 11 Surabaya hingga tanggal 15 Januari 2014, terekam data 123 bermasalah dengan NISN yang meliputi 60 siswa bermasalah dengan kekeliruan data yang tercantum di situs NISN, 34 siswa tak ditemukan NISN-nya dan 29 siswa memiliki altenatif pengganti di mana NISN yang tidak aktif sudah mendapatkan NISN yang baru.

Rekaman data NISN bermasalah didapatkan setelah dibukanya formulir pengaduan NISN bermasalah melalui situs Pusat Data SMAN 11 Surabaya. Pembukaan form online ini untuk mengantisipasi membeludaknya siswa di ruang Tata Usaha SMAN 11 Surabaya yang dipenuhi siswa setiap harinya karena keluhan yang beragam terkait NISN.

Kisruh data NISN bermasalah ini terungkap sejak hari pertama pembukaan SNMPTN 2014 yang dimulai 6 Januari, tim panitia lokal SMAN 11 Surabaya mulai melakukan input data siswa dan nilai melanjutkan proses pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) tahun 2013. Ada penolakan dari sistem PDSS terkait data NISN siswa yang dipakai oleh siswa lain. Berangkat dari permasalahan tersebut, tim melakukan kroscek data NISN yang ada di PDSS dan NISN yang dikirimkan oleh sekolah untuk proses Nominasi Ujian Nasional 2014. Hasilnya cukup mengejutkan di mana puluhan NISN tidak sama antara yang tertera di PDSS dan yang terkirim ke Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Terlebih setelah dilakukan pengecekan di situs Dapodik, banyak NISN siswa yang tak ditemukan.

Berangkat dari persoalan tersebut, tim panitia SNMPTN SMAN 11 Surabaya melakukan proses evaluasi dan mencari langkah solusi terhadap ratusan data NISN yang bermasalah tersebut. Tim panitia meminta seluruh siswa untuk terus memantau situs Pusat Data SMAN 11 Surabaya sebagai media komunikasi sekolah dan siswa untuk menghadapi SNMPTN 2014 dan Ujian Nasional 2014.

Poskan Komentar

  1. pak aku sdh verifikasi nilai di pdss dan sdh ganti password. tak lgin lagi gk bisa. tulisannya ''anda belum diset lulus oleh sekolah anda. silahkan hubungi sekolah anda. " gmn pak ?

    BalasHapus
  2. Semoga alumni SMA 11 Sby banyak diterima di SNMPTN tahun ini.... By : IQROZEN

    BalasHapus

 
Top