Donor darah BRIPERAXIS, nama dari organisasi Palang Merah Remaja (PMR) SMAN 11 Surabaya yang dilaksanakan Rabu, 5 Oktober 2016 di Aula SMAN 11 Surabaya ini merupakan kegiatan donor darah yang ketiga kalinya di tahun 2016.

Kegiatan donor darah yang dilaksanakan di SMAN 11 Surabaya ini merupakan kegiatan rutin sekolah yang digawangi oleh siswa-siswi yang aktif di Briperaxis, PMR SMAN 11 Surabaya bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia Kota Surabaya. 

Kegiatan donor darah rutin ini setiap pelaksanaannya terus mengalami perbaikan di level teknis. Anak asuh/binaan dari Mas Andre PMR yang merupakan pembina sekaligus alumni SMAN 11 Surabaya tahun 1996 ini makin rapih dalam menyelenggarakan donor darah. 

Secara teknis, pendataan calon donor dilakukan beberapa hari sebelum waktu pelaksanaan. Baik dari siswa maupun guru memiliki koordinator yang mendata dan menggerakkan para calon donor. Setelah terdata, lalu dibuat jadwal untuk masing-masing donor secara bergantian agar tidak antre dan berjejal di Aula. Selain itu juga untuk mengurangi ketidaktertiban yang berpotensi mengganggu jam pelajaran kelas yang sedang berlangsung.

Pada saat hari dan jam yang sudah ditentukan, calon donor menuju Aula SMAN 11 Surabaya. Di pintu masuk, calon donor diminta mengisi presensi kehadiran, lalu duduk di jajaran kursi yang telah disediakan untuk menunggu giliran pemeriksaan kelayakan calon donor dan juga sembari mengisi data diri, apakah pendonor rutin atau baru permulaan. Setelah melewati uji kelayakan, pendonor disilakan untuk duduk di ranjang/kursi santai untuk pengambilan darah.

Proses pengambilan darah berlangsung sekira 20-45 menit per orang. Setelah selesei donor, pendonor diperkenankan kembali ke kelas dan diberi imbalan suplemen penambah darah dan juga makanan ringan dan minuman kacang hijau. Target peserta yang rutin didapatkan berkisar di angka 70-125 peserta dengan hasil antara 70-100 kantong darah.

Bravo PMR SMAN 11 Surabaya!
Semoga kerja nyatanya bermanfaat bagi sesama manusia dan kemanusiaan...

Poskan Komentar

 
Top