Welcome Indonesian Surabaya City Education Delegation to Visit Xiamen, China

Menarik untuk diikuti pengalaman dari siswa SMAN 11 Surabaya, Putri Fatmawati, yang kini sudah menjadi alumni. Pengalamannya menjadi Delegasi Pendidikan Kota Surabaya ke Xiamen China layak untuk diikuti jejaknya bagi siswa yang masih aktif dan ingin bisa sepertinya.

Putri menjadi Delegasi Pendidikan Kota Surabaya dan dikirim ke Xiamen, China mulai 18-24 September 2011, momentum baginya membawa ‎nama SMAN 11 ke kancah ‎Internasional dengan ‎destinasi Xiamen China. Dengan 5 kawan ‎lainnya dari sekolah dan latar ‎belakang yang berbeda. ‎

Putri harus mengikuti seleksi ketat dari Pemerintah ‎Kota Surabaya ‎yang akhirnya mempertemukan 6 orang siswa dalam ‎satu tim menjadi duta pendidikan. Masing-masing peserta harus menempuh ‎‎8 test yang selektif‎ yang meliputi:

  1. Tes Toefl
  2. Tes Potensi Akademik
  3. Tes IQ
  4. Tes EQ
  5. Tes ESQ

Bagi putri, ini penerbangan pertama ‎kali, dengan uang saku dan fasilitas yang ‎diberikan Pemerintah Kota Surabaya yang ‎merupakan kejutan teramat ‎indah bagi mereka yang dijuluki ‎Delegasi Pendidikan Kota Surabaya ‎‎2011. Belum lagi sambutan hangat ‎dari komite sekolah serta siswa-siswi ‎di Keji Middle School. Pengalamannya menuturkan, merasa ‎super istimewa berkesempatan ‎memakai seragam sekolah dalam ‎setiap aktivitas disana.

Momentum yang sangat tak terlupakan baginya adalah sesuatu yang paling banyak ‎menyita perhatian siswa ‎Keji Middle School ‎adalah Seragam Batik ‎SMAN 11 Surabaya. ‎"That's unforgetable ‎moment!!‎" begitu ungkapnya.

Yang menarik lagi bagi Putri tatkala berada di Xiamen China yang lainnya itu ketika siswa mengerubunginya gara-gara hanya disana yang pakai jilbab hanya dia.‎Karena penasaran, mereka bertanya "Apakah itu baju pesta?"‎ Kontan seluruh anggota delegasi pendidikan Kota Surabaya tertawa terbahak mendengarnya.

Hanya ada beberapa keperihatinan yang dilihat oleh Putri tatkala tinggal di sana, muslim muslimah yang ia temui tidak tahu apa itu haji, muslim di sana cuma bisa ‎sholat hari minggu. Dan berkerudung hanya saat ‎akad nikah dan tidak pernah puasa.

Begitulah pengalaman putri selama berada di Xiamen, China. Semoga bisa menjadi bahan pelajaran dan renungan untuk kita semua.


1 Guru, ! layar, 4 papan tulis, 40 siswa

Gedung Asrama dan Sekolah dalam 1 kompleks

Pak Yusuf selaku ketua rombongan delegasi pendidikan kota Surabaya foto bersama

Terompah panjang yang biasa dijadikan lomba 17 Agustusan itu kini masuk kurikulum di  Xiamen

Fasilitas lab lengkap 40 unit komputer, tanpa BLOG, FB, Twitter, Youtube dan semua yang berbau Google :)

Salah satu sisi pertokoan di Kota Xiamen, Chinan

Foto bersama anggota delegasi pendidikan kota surabaya

Semoga, di tahun-tahun mendatang delegasi pendidikan Kota Surabaya berasal dari SMAN 11 Surabaya. Dan yang patut dicatat bahwasanya, Putri bukan orang pertama yang berasal dari SMAN 11 Surabaya dan mewakili Surabaya sebagai delegasi pendidikan. Sebelumnya, destinasi tujuan juga China pada tahun 2010, dan pada tahun sebelumnya 200 dan 2009 destinasinya Australia. Tunggu saja cerita pengalaman mereka.


Putri Fatmawati
Lulusan 2012
fb: https://www.facebook.com/puputd.jrs
tw:https://twitter.com/PutrieJrs 
blog: putriejrs.blogspot.com 

Poskan Komentar

  1. Wah, keren ..
    semoga sukses selalu ya mbak,

    jadi pengen seperti mbak Putri Fatmawati, tapi kapan ya ? -_-

    BalasHapus
  2. Aku juga pingin Ramadhana.. :)

    BalasHapus
  3. Waw, amazing sekali ceritanya. sukses selalu :)

    BalasHapus
  4. 3 orang yang nulis profil kereeeeen kabeh

    BalasHapus

 
Top