Pernahkah kita melihat gambar seperti diatas?

Mungkin kita sering melihat gambar gambar seperti itu, namun kita belum memahami apa nama dari teknik foto seperti itu. Yah, itu disebut foto bulb.

Bulb, merupakan teknik fotografi saat sebuah foto memperlihatkan garis cahaya/gambar yang terbentuk dari cahaya.

Membuat sebuah foto bulb sangatlah mudah dan cepat jika kita tahu bagaimana triknya dan apa saja yang dibutuhkan. Kita hanya membutuhkan sebuah kamera DSLR dan lampu (bisa senter). Obyek yang kita butuhkan pun hanya sekitar 3 orang untuk proses foto bulb ini berlangsung.

Dan bagaimana cara membuatnya?
Pertama, kita sesuaikan kecepatan rana pada kamera (Shutter speed) diputar sampai pada tulisan BULB tampak pada layar kamera, kita tentukan pula ISO bisa disesuaikan dengan kebutuhan biasanya ISO 200. Teknik bulb ini dilakukan pada keadaan gelap atau malam hari agar cahaya bisa ditangkap kamera dengan jelas, dan subyek yang akan difoto sebaiknya dalam keadaan diam.
Selanjutnya gerakkan cahaya (lampu) membentuk gambar atau tulisan yang kita inginkan, mintalah teman anda untuk menekan (menahan) tombol pelepas rana pada kamera saat proses penggerakan cahaya di depan kamera, dan lepas tombol pelepas rana jika prosesnya sudah selesai, yah lihat hasilnya pada layar kameramu.

Contoh lain foto bulb:


Benarkan teknik foto bulb ini sangat mudah dan cepat. Salam sukses berkarya untuk kita semua ^^


Poskan Komentar

 
Top