Kedatangan Mark Surman yang Direktur Mozilla Foundation ke SMAN 11 Surabaya merupakan sebuah kenangan tersendiri bagi para peserta #MozSekolahSUB. Kegiatan yang berlangsung di Aula SMAN 11 Surabaya pada 9 September 2013 mendapat apresiasi yang besar baik dari audience dan panitia bahkan dari mark Surman sendiri yang menyatakan terima kasihnya atas terselenggaranya kegiatan ini di Surabaya. Kota yang menjadi wakil Indonesia untuk dikunjungi oleh Direktur Mozilla Foundation.

Berikut ini beberapa rangkaian kegiatan acaranya.

Persiapan
Panitia melakukan persiapan dengan mengecek beberapa kebutuhan yang belum genap selesai. Perlengkapan, menata kabel untuk laptop peserta, publikasi, mempersiapkan akun social media untuk mempublikasi hal-hal menarik yang mungkin terjadi selama acara berjalan. Seusai persiapan, para peserta di himbau agar menuju ke aula untuk melakukan registrasi.
Registrasi Peserta
Peserta yang registrasi pertama adalah siswa-siswi kelas 10, lalu di susul dengan siswa-siswi kelas 11 dan yang terakhir adalah kelas 12. Setelah registrasi, peserta mempersiapkan kecakapan perlengkapan masing-masing , mulai dari laptop hingga hingga koneksi internet masing-masing. Selanjutnya panitia memberikan konsumsi berupa air minum kepada para peserta.

Acara
Acara pertama di buka dengan Ice Breaking games oleh tim mozilla , kemudian acara di lanjutkan dengan sambutan oleh bapak Yustinus selaku wakil dari kepala sekolah SMAN 11 Surabaya yang berhalangan hadir pada saat ini, dan di lanjut dengan sambutan oleh Mark Shurman.
Sambutan Sekolah
Sambutan Mark Surman
Setelah perkenalan, acara berlanjut pada pengisian materi oleh Benny Chandra, Viking Karwur, Yoe One A.N tentang Mozilla Web Maker. Di sini, peserta diajarkan untuk membuat postcard melalui web maker. Peserta di beri arahan bagaimana memberi warna pada tulisan, bagaimana mengganti backgrund postcard, bagaimana mengganti ukuran font, dll. Pemateri pun ikut terjun ke lapangan membantu siswa-siswi yang engalami kesulitan dalam mengikuti materi.
Benny Chandra

Viking Karwur

Postcard Siswa
Pemberian materi pun di break karena waktunya Ishoma dan akan dilanjutkan setelah ishoma. Sekitar pukul satu siang, acara kembali berlangsug dan materi pun di lanjutkan dengan disisipi pembagian hadiah untuk siswa yang punya karya paling bagus.

Para siswa diajak berlomba untuk membuat kartu pos, dan bagi siapa yang karyanya paling baik akan di beri hadiah dari mozilla. Tanpa di duga ada seorang peserta yang membuat postcard dengan gambar Caesar, lalu beberapa peserta dan beberapa panitia naik keatas panggung dan menarikan Joget Caesar.
Seusai joget, semua yang tadi maju ke depan mendapat hadiah berupa stiker Mozilla dan yang mendapat tepuk tangan paling banyak mendapat tas dari Mozilla. Karena waktu yang terbatas, akhirnya untuk pemenang Mark Shurman sendiri yang akan meberitahukan lewat twitter dengan cara mention kepada si pemilik postcard terbaik.
Foto bersama di akhir acara

Funny pict of Mark Surman

Acara di tutup dengan pemberian kenang-kengan berupa piagam dan sesi foto bersama dengan Mark Shurman and Mozilla crew.

Poskan Komentar

 
Top