Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa OSIS SMAN 11 Surabaya tahun 2013 dilangsungkan di Bumi Perkemahan Dlundung, Trawas, Mojokerto pada tanggal 11-13 Oktober 2013.Proses regenerasi dari pengurus OSIS periode 2012-2013 (berjuluk SWAT) ke pengurus OSIS periode 2013-2014 (berjuluk SAINT) ini diikuti oleh 90-an siswa (peserta dan panitia) dan guru pendamping.


Sisi timur bumi perkemahan Dlundung, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur
Peserta diberangkatkan pada Jumat siang 11 Oktober 2013 dan tiba di bumi perkemhan sore harinya. Peserta dan panitia membangun tendanya masing-masing. Acara hari pertama ini diisi dengan pembukaan dan pengarahan untuk jelajah malamnya.

Melihat dari kesiapan fisik dan mental peserta, tampaknya panitia LDKS OSIS SMAN 11 Surabaya tahun 2013 ini sengaja menggembleng fisik peserta dengan dua jelajah sekalgus, jelajah malam diselingi istirahat subuh yang dilanjutkan dengan jelajah pagi yang selesainya hampir siang.

Pemaparan program kerja OSIS dipandu oleh Bapak Yustinus Wakasek Kesiswaan
Setelah istirahat siang (mandi, sholat dhuhur, dan makan siang) materi kepemimpinan dipandu oleh bapak Abdul Ghofur selaku pembina Sekbid IX.
Suasana diskusi pemaparan program kerja OSIS dipandu oleh Bapak Yustinus
Setelah acara kepemimpinan, materi pemaparan program masing-masing sekretaris bidang OSIS oleh Wakil Kepala Sekolah bagian Kesiswaan.

Iulstrasi Organisasi
Penyampaian materi malam hari dilaksanakan oleh OSIS SWAT yang dalam hal ini diwakili oleh Cecilina yang menyajikan ilustrasi apa yang tertangkap oleh calon pengurus OSIS dalam menggambarkan OSIS yang bakal mereka jalani ke depan.

Ada beberapa gambaran peserta yang dilai oleh Pak Abdul Ghofur selaku pemberi masukan atas hasil gambaran mereka tentang OSIS, yaitu:
  1. Bangunan kokoh, sebuah gambaran yang mengibaratkan OSIS sebagai bangunan kokoh yang mampu melindungi dan menaungi anggotanya.
  2. Pohon rindang, sebuah gambaran tentang batang utama pohon yang adalah Struktur Kepengurusan di mana dahan dan ranting-rantingnya adalah sekbid dan seksi dengan beragam program-programnya..
  3. Mata, sebuah gambaran visual bahwasanya pengurus OSIS adalah orang-orang yang visioner melihat/menatap ke depan yang memberikan/membangun jalan menuju masa depan yang divisikannya.


Apresiasi Seni
Kegiatan malam ditutup dengan apresiasi seni dari perwakilan masing-masing kelompok dan panitia OSIS yang kemudian diakhiri dengan istirahat malam.

Packing persiapan pulang
Pagi harinya, peserta masih harus menghadapi outbond permainan yang dilaksanakan mulai setelah sholat subuh hingga jam 8 pagi. Berikutnya, peserta mandi dan berbenah diri persiapan pulang.

Panitia LDKS OSIS bongkar tenda
Menjelang persiapan pulang, seluruh peserta dan panitia membereskan lokasi perkemahan, mulai dari barang pribadi, tenda, hingga bersih-bersih sampah di sekitar lokasi perkemahan.

Apel Pulang
Upacara Penutupan
Upacara Penutupan LDKS OSIS 2013


Foto Bersama Panitia, Peserta, dan Guru Pendamping
Foto Bersama Panitia, Peserta, dan Guru Pendamping


Foto Bersama Panitia, Peserta, dan Guru Pendamping
Setelah upacara penutupan, panitia, peserta, dan guru pendamping foto bersama dan selanjutnya bubar barisan menuju bis masing-masing.

Sukses untuk SWAT dan Selamat Menjalankan Tugas untuk SAINT.

Poskan Komentar

 
Top